Topic outline

  • Pertemuan 1

    Pengantar


    Perkenalan

    Kontrak Perkuliahan


    Memahami Strategi Pemasaran

    Analisa Bangunan Strategi Pemasaran

    Membuat Strategi Pemasaran Digital



    TUGAS:

    Pembentukan kelompok pengelolaan media sosial.


    • Pertemuan 2

      RISET PASAR & 

      STRATEGI PEMASARAN KONTEN


      Pentingnya Riset Pasar

      Konsep Kunci dalam Riset Pemasaran

      Metodologi Penelitian Online


      Menentukan Pemasaran Konten

      Blok Bangunan Strategi

      Pembuatan Konten

      Distribusi Saluran Konten


      • Pertemuan 3

        Presentasi persiapan pengelolaan media sosial


        Tugas:

        Cari pedagang yang berjualan produk yang serupa yang memiliki media sosial, lalu paparkan perbandingan mereka dalam pemanfaatan media sosial.


        • Pertemuan 4

          Search Engine Optimization (SEO) & Search Engine Marketing (SEM)

          • Pertemuan 5

            Presentasi Kelompok tentang pedagang yang berjualan produk yang serupa yang memiliki media sosial, lalu dipaparkan perbandingan mereka dalam pemanfaatan media sosial.


            • Pertemuan 6

              Social Media Marketing (SMM) & Iklan online, & Affiliate Marketing


              1.           Social Media Marketing (SMM)

              a.   Pengertian media sosial dan pemasaran media sosial (social commerce)

              b.  Karakteristik social media marketing

              c.   Jenis Platform Media Sosial Marketing yang Dapat Dimanfaatkan (facebook, linkedin, twitter, Pinterest, Instagram, TikTok)

              d.  Manfaat Media Sosial untuk strategi pemasaran

              e.  Strategi Penerapan Social Media Marketing

              f.    Melacak keberhasilan kampanye media sosial

              g.   Tips membuat konten di media sosial

              2.           Iklan online 

              a.   Definisi dan konsep iklan online

              b.  Tujuan iklan online

              c.   Jenis-jenis iklan online

              d.  Menargetkan dan mengoptimalkan iklan online

              e.  pelacakan efektifitas iklan online

              f.    kelebihan dan kekurangan iklan online

              g.   panduan cara membuat iklan online yang baik

              3.           Affiliate Marketing

              a.   Pengertian & konsep affiliate marketing

              b.  Menjadi lebih besar dan jauh melalui program affiliate marketing

              c.   kekurangan dalam affiliate marketing

              d.  Langkah-langkah membuat affiliate marketing


              • Pertemuan 7

                Presentasi kedua tentang pengelolaan Sosmed


                • Pertemuan 8

                  Pemasaran Menggunakan Surat Elektronic (email) & Mobile Marketing (Pemasaran Seluler)


                  • Pertemuan 10

                    Tools Digital Marketing


                    • Pertemuan 11

                      Presentasi tentang pengelolaan Sosmed

                      • Pertemuan 12

                        Electronic Word Of Mouth (E-WOM) & Viral Marketing 


                        1.           Electronic Word Of Mouth (E-WOM)

                        a.   Pengertian WOM dan e-WOM

                        b.  Karakteristik e-WOM

                        c.   Peluang dan Tantangan dalam e-WOM

                        d.  Faktor-Faktor Penarik Terjadinya e-WOM


                        2.           Viral Marketing

                        a.   Pengertian viral marketing

                        b.  pengguna viral marketing

                        c.   penerapan teknik viral marketing

                        d.  keuntungan viral marketing


                        • Pertemuan 14

                          Customer relationship e-marketing


                          a.   Perilaku konsumen online

                          b.  Pembangunan customer engagement melalui customer journey

                          c.   Bauran pemasaran e-marketing (e-marketing mix)

                          d.  B2C VS B2B dalam e-marketing


                          • Pertemuan 14

                            Presentasi kunjungan ke komunitas


                            Melakukan kunjungan langsung (tidak boleh melalui telepon atau online) ke komunitas di Samarinda atau di daerah lainnya semacam Busam.

                            Melakukan penggalian secara langsung tentang sejarah atau cerita awal mereka memanfaatkan media sosial untuk membantu anggota grupnya memanfaatkan grup mereka untuk berbisnis.

                            Melaporkan tentang perkembangan grup itu (termasuk meminta keterangan dari anggota grup tentang bagaimana keuntungan mereka memanfaatkan fitur tersebut dalam berbisnis).

                            Menyertakan foto-foto kelompok ketika berkunjung ke komunitas tersebut.