Topic outline

  • Pertemuan 1

    Pengantar


    Perkenalan

    Kontrak Perkuliahan

    Silabus

    Pengantar


    TUGAS:

    Membuat ringkasan dari sebuah buku pemasaran


    • Pertemuan 2

      B2C dan B2B


      Penjelasan Mengenai Pasar Konsumen (B2C)

      Faktor yang Mempengaruhi Pasar Konsumen

      Proses Pengambilan Keputusan Membeli

      Penjelasan Mengenai Pasar Konsumen (B2B)

      Karakteristik Pasar Industri

      Model Perilaku Pembeli Di Pasar Industri

      Jenis Situasi Pembelian Utama

      Pengaruh Utama yang Dihadapi Pembeli Di Pasar Industri

      Proses Pembelian pada Situasi Pembelian


      TUGAS:

      Mencari dan membuat resume jurnal pemasaran berbahasa Inggris yang ada salah satu keyword berikut: Satisfaction dan Loyalty



      • Pertemuan 3

        Bauran Pemasaran, Segmentasi  & Target Pasar


        4P dan 7P

        Segmentasi

        Tingkat Segmentasi Pasar

        Dasar Segmentasi Pasar Konsumen

        Kriteria Segmentasi Efektif

        Syarat agar Segmentasi Efektif

        Pembidikan Pasar

        Memilih Segmen Pasar


        TUGAS:

        Membuat rekap bauran pemasaran 1 produk spesifik yang memiliki 4 produsen berbeda (cantumkan gambar produk masing-masing produsen).

        Kemudian membandingkan pasar target mereka (4 pembagian segmentasi) sehingga tampak perbedaannya.

        Setiap kelompok harus berbeda produk



        • Pertemuan 4

          Membentuk Positioning Merek


          STP - segmenting, penentuan sasaran (targeting), dan positioning

          Strategi Diferensiasi

          Strategi Pemasaran yang sesuai siklus produk

          Product Life Cycle

          Kritik terhadap Konsep Siklus Hidup Produk

          Evolusi Pasar


          • Pertemuan 5

            Kunjungan ke mall

            • Topic 6

              Menghadapi Persaingan


              Mengidentifikasi Pesaing

              Kiat Mengalahkan Pesaing

              Bermacam Strategi Perusahaan

              Strategi Berorientasi


              • Pertemuan 7

                Mengembangkan Strategi Produk dan Program Penetapan Harga


                Memahami Penetapan Harga

                Pengertian Harga

                Bagaimana Perusahaan Menetapkan Harga

                Psikologi Konsumen dan Penetapan Harga

                Harga referensi

                Langkah-Langkah Menetapkan Harga


                • Pertemuan 9

                  Presentasi hasil kunjungan ke pusat perbelanjaan dalam rangka review penerapan bauran pemasaran, targeting, dan positioning


                  • Pertemuan 10

                    Merancang dan Mengelola Saluran Pemasaran Terintegrasi


                    Definisi Saluran Pemasaran 

                    Peran Saluran Pemasaran 

                    Tingkat Saluran 

                    Mengindentifikasi dan Mengevaluasi Alternatif Saluran Utama 

                    Sistem Pemasaran Vertikal 

                    Sistem Pemasaran Horizontal 


                    Tugas kelompok

                    Meminta mahasiswa untuk melakukan kunjungan ke 3 tempat berbeda (Supermarket, minimarket, warung).

                    Menerangkan tentang perbedaan dua merek 1 produk di supermarket, minimarket, warung.

                    Lalu menerangkan mengenai penempatan produk tersebut di rak saji mereka.


                    • Pertemuan 11

                      Memperkenalkan Penawaran Pasar Baru


                      Membuat atau Membeli?

                      Jenis-jenis produk baru

                      Tantangan dalam Pengembangan Produk Baru

                      Keberhasilan Produk Baru

                      Hambatan Pengembangan Produk Baru

                      Penciptaan Ide


                      • Pertemuan 11

                        Presentasi Kelompok tentang hasil kunjungan ke 3 tempat berbeda (Supermarket, minimarket, warung).

                        Menerangkan tentang perbedaan harga dua merek 1 produk di supermarket, minimarket, warung.

                        Lalu menerangkan mengenai penempatan produk tersebut di rak saji mereka.


                        • Pertemuan 13

                          Merancang dan Mengelola Jasa


                          Definisi Jasa

                          Karakteristik Jasa

                          Strategi Pemasaran Untuk Perusahaan Jasa

                          Mengelola Kualitas Jasa

                          Praktik Terbaik Manajemen Kualitas Jasa

                          Mengelola Merek Jasa

                          strategi penamaan merek

                          Mengelola jasa pendukung produk


                          • Pertemuan 14

                            Presentasi kelompok tentang ide mengenai produk baru atau diperbaharui yang seharusnya ada saat ini untuk kalangan Anak Muda.

                            Ide bisa berupa gagasan tentang komposisi bahan, cara pemasaran, cara penyajian, kemasan, dll.

                            Terangkan dengan jelas, sehingga ide ini bisa dijual ke investor.