Topic outline

  • Pertemuan 1

    Pengantar


    Perkenalan,

    Silabus, 

    Kontrak Perkuliahan,


    Memahami tindakan konsumen,

    Memahami pentingnya mempelajari ilmu Perilaku Konsumen.


    Tugas:

    Membuat ringkasan buku


    • Pertemuan 2

      Motivasi dan Kebutuhan

      Kepribadian

      Konsep Diri Dan Pola Konsumsi


      Tugas:

      Membahas iklan mengenai 3 produk yang berbeda, yakni cara iklan tersebut memotivasi orang untuk melakukan seperti yang diinginkan oleh iklan. Dan mengaitkannya dengan lifestyle dan atau kepribadian kelompok orang tertentu yang menjadi target dari iklan tersebut.


      • Pertemuan 3

        Pengolahan Informasi Dan Persepsi Konsumen

        Proses Belajar Konsumen


        • Pertemuan 4

          Presentasi iklan mengenai 3 produk yang berbeda, yakni cara iklan tersebut memotivasi orang untuk melakukan seperti yang diinginkan oleh iklan. Dan mengaitkannya dengan lifestyle dan atau kepribadian kelompok orang tertentu yang menjadi target dari iklan tersebut.


          • Pertemuan 5

            Pengetahuan Konsumen 


            Pengetahuan Konsumen 

            1.Pengetahuan produk

            2.Pengetahuan pembelian

            3.Pengetahuan pemakaian


            Kepercayaan-Sikap dan Perilaku 

            Fungsi Sikap dan Strategi Mengubah Sikap Konsumen 

            Model sikap 


            Tugas:

            Buat makalah dan presentasikan dalam power point mengenai 2 iklan untuk masing-masing tipe pengetahuan (pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, dan pengetahuan pemakaian)


            • Pertemuan 6

              Presentasi tugas berupa pemaparan 2 iklan untuk masing-masing pengetahuan konsumen, yakni pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, dan pengetahuan pemakaian.


              • Pertemuan 7

                Budaya, Demografi, & Agama


                Sikap dan perilaku yang dipengaruhi budaya 

                Unsur-unsur budaya 

                Budaya dan strategi pemasaran 

                Pengaruh budaya terhadap perilaku konsumen 

                Kelas sosial konsumen 

                Demografi 

                Populasi Penganut Agama Di Dunia 

                Pengaruh Agama terhadap Iklan 


                • Pertemuan 8

                  Keluarga Dan Rumah Tangga 

                  Kelompok Acuan 

                  Lingkungan Dan Situasi Konsumen 

                  Pengaruh Teknologi Terhadap Perilaku Konsumen 


                  KELUARGA DAN RUMAH TANGGA 

                  Keluarga dan Studi Perilaku Konsumen 

                  Arti Keluarga dan Rumah Tangga 

                  Rumah Tangga Keluarga Dan Bukan Keluarga

                  Peranan Anggota Keluarga dalam Pengambilan Keputusan Pembelian

                  Peranan Suami Dan Istri Dalam Pengambilan Keputusan Keluarga

                  Siklus Hidup Keluarga 

                  Wanita Sebagai Konsumen

                  Sosialisasi Anak Sebagai Konsumen

                  Kriteria Kemiskinan Rumah Tangga


                  KELOMPOK ACUAN 

                  Pengertian Kelompok 

                  Jenis-Jenis Kelompok Acuan 

                  Tiga Macam Pengaruh Kelompok Acuan 

                  Beberapa Kelompok Acuan yang Terkait dengan Konsumen 

                  Beberapa Kelompok Acuan yang Digunakan dalam Komunikasi Pemasaran 

                  Penguatan Lainnya sebagai Kelompok Acuan

                  Komunikasi Lisan 

                  Kelompok Acuan dan Strategi Pemasaran 


                  LINGKUNGAN DAN SITUASI KONSUMEN 

                  Lingkungan Konsumen 

                  Situasi Konsumen 

                  Situasi Komunikasi 

                  Situasi Pembelian 

                  Situasi Pemakaian 


                  PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN 

                  Telepon Genggam 

                  Internet 

                  Transportasi 

                  Sistem Pembayaran 


                  • Pertemuan 10

                    Mempresentasikan tentang hal-hal kekinian pada dunia anak muda.

                    Lalu merangkan bagaimana mahasiswa memandang hal itu sebagai peluang usaha. 


                    • Pertemuan 11

                      Proses Pengambilan Keputusan Konsumen: Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi, Dan Evaluasi Alternatif.

                      Proses Keputusan Konsumen: Pembelian, Konsumsi, Dan Kepuasan Konsumen.


                      PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN: PENGENALAN KEBUTUHAN, PENCARIAN INFORMASI, DAN EVALUASI ALTERNATIF 

                      Pengambilan Keputusan 

                      Manusia Ekonomi 

                      Manusia Pasif 

                      Manusia Kognitif 

                      Manusia Emosional 

                      Tipe Pengambilan Keputusan Konsumen

                      Langkah-Langkah Keputusan Konsumen 

                      Faktor Yang Mempengaruhi Pencarian Informasi 



                      PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN: PEMBELIAN, KONSUMSI, DAN KEPUASAN KONSUMEN 

                      Pembelian 

                      Proses Pembelian 

                      Konsumsi  

                      Pascakonsumsi: Kepuasan dan Ketidakpuasan 

                      Proses Pembuangan Produk Setelah Konsumsi 

                      Loyalitas Merek 



                      Tugas Presentasi tentang pengambilan keputusan siswa SMA tentang kampus yang mereka inginkan


                      • Pertemuan 12

                        Presentasi tentang pengambilan keputusan siswa SMA tentang kampus yang mereka inginkan.


                        • Pertemuan 13

                          Komunikasi dan iklan


                          Model Komunikasi Sederhana

                          Definisi efek

                          Tahap mencapai Efek

                          definisi komunikasi periklanan 

                          Posisi Iklan pada bauran promosi

                          Fungsi Periklanan

                          Jenis media iklan

                          Klasifikasi Iklan

                          Tujuan Periklanan

                          Beberapa catatan tentang periklanan


                          • Pertemuan 14

                            Tanggung jawab sosial terhadap konsumen

                            Iklan yang menyesatkan dan mengelabui konsumen


                            • Pertemuan 15

                              Presentasi tentang iklan